Reuni SPG St. Paulus Sekadau 7-8 Juli 2023: Hasilkan 7 Resolusi Penting bagi Pembangunan SDM Sekadau dan Bangsa

SPG St. Paulus Sekadau, Reuni, 7 Butir Deklarasi

 


Misa syukur reuni SPG St. Paulus Sekadau dimeriahkan oleh Koor Ibu-ibu "Soli Deo" pimpinan Yusvia Basilisa, S.Ag. alumna 1973.

Para Aluni SPG St.Paulus Sekadau telah menyelenggarakan reuni  “akbar dan unik” yang berlangsung pada tanggal 7-8 Juli 2023. Disebut “akbar” karena di-ikuti seluruh angkatan dan “unik” karena lembaganya sudah tutup serta di-ikuti  oleh para peserta yang sudah sepuh “kakek nenek” denan rentang usia antara 55  -  70 tahun. Perhelatan yang berlangsung di Gedung Kateketik Sekadau itu mengusung tema “BILA BERTEMU PUASLAH HATI KU” itu (diambil dari lirik lagu Gereja Tua, Panbers) dihadiri sebanyak 216 peserta dari 231 pendaftar. Lemaga Pendidikan pencetak tenaga guru SD itu pernah beroperasi sejak 1971 sd. 1991 dan menghasilkan sekitar 1000an alumni yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Sanggau.

Reuni ini dibuka secara resmi oleh Bupati Sekadau, yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa dan ditutup dengan Misa Syukur oleh Uskup Keuskupan Sanggau,Mgr.Valentinus Saeng, tetapi karena beliau kurang sehat lalu didelegasikan kepada RD. Dionisius Meligun, Pastor Paroki Noyan yang juga juga alumni dan peserta reuni. Dalam Misa Syukur ini, RD.Dionisius Meligun yang didampingi P.Pius Barces,CP dan P.Kalvin Antony,Pr yang jga alumni dan peserta reuni, mengatakan bahwa reuni ini bias terjadi sungguh merupakan suatu “mukjizat”, mengingatkan para alumni sudah tersebar dimana-mana, tetapi berkat komunikasi melalui grup WA hal ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Perjumpaan dalam 2 malam hiburan dan keakraban yang gegap gempita itu sungguh mengharukan, sekaligus mengesankan, setelah sekitar 40 tahunan mereka tidak pernah bertemu. “Dulu mengenal teman sebagai sahabat muda, bujang dara, sekarang berjumpa sebagai kakek nenek”, kata seorang peserta; ada yang setelah hampir berakhir kegiatan reuni baru sadar ternyata itu teman sekelas dulunya, karena begitu banyak berubah penampilan temannya itu.


Misa syukur dipersembahkan oleh 3 pastor alumni. Selebran utama, pastor Dionisius Meligun, Pr, didampingi pastor Pius Barces, CP, dan pastor Kalvin Antoni, Pr.

Dalam Misa Syukur ini, juga dilakukan upacara pelantikan/ Pengukuhan dan pengutusan Pengurus Ikatan Alumni SPG St.Paulus Sekadau (IKA S3) periode 2023/2028, yang diketuai oleh Ajoto Sante Jito,S.Pd  alumnus 1989. Dalam Kepengurusan ini, Ajoto S.Jito didampingi oleh Gunawan,S.Pd sebagai Wakil Ketua, Natalia Endah,S.Pd dan Ajak,S.Pd masing- masing sebagai Sekretaris dan Wakil Sekretaris serta Gemma Maria dan Syafe’i sebagai Bendahara dan Wakil Bendahara. Dalam sambutanya, Ketua tepilihperdana  Ikatan Alumni  ini menatakan, sebenarnya merasa tidak sanggup mengemban tugas ini, tetapi karena sudah amanah dari seluruh pesera melalui tim formatur, maka ia rela menerimanya dengan keyakinan bahwa para alumni tidak membiarkan mereka berjalan sendirian, tetapi didukung oeh semua peserta dan segenap lapisan masyarakat di Kalimantan Barat, khususnya di kabupaten Sekadau dan Sanggau. Saat Penutupan kegiatan reuni meriah dan seru ini, Paulus Florus yang didaulat sebagai salah satu sesepuh reuni menutup secara resmi kegiatan reuni  dan berharap roh dan semangat reuni kali ini tidak akan pernah padam, tetapi terus menggelora di tengah seluruh alumni dan masyarakat  melalui rencana kerja dan akitivitas yan dibuat oleh Pengurus yang baru terbentuk. Florus juga berharap para alumni masih bias berjumpa dalam reuni berikutnya 3 – 5 tahun ke depan.

Suasana seminar: atraktif dan menarik.

Pada hari ke-2 telah dilaksanakan Seminar Pendidikan dengan Tema :”Panggilan dan Peranserta Para Alumni SPG St.Paulus Sekadau dalam mencerdaskan bangsa” dengan menampilkan 5 orang pembicara sebagai panelis yaitu :

1.  “Panggilan dan Peranserta Alumni SPG St.Paulus Sekadau dalam        meningkatkan

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sekadau dan Propinsi Kalimantan

Barat”.

Narasumber  :

Dr. Ali Daud,M.Si (Alumni SPG 1976, Ketua Dewan Penddikan Kalbar, Dosen FKIP

Untan, Ketua Panitia  Pemekaran Kab.Sekadau)                           

2. “Panggilan dan peranserta Yayasan/Badan Karya Sekadau/Sanggau, Keuskupan

Sanggau dalam mencerdaskan bangsa dengan mendirikan dan mengembangkan

lembaga Pendidikan dari TK /PAUD  sd. SLTA dalam 50 tahun terakhir”.

Narasumber  :

RD. Dionisius Meligun.Pr, Lic.Th. ( alumni SPG 1981, mantan Vikjen Keuskupan

Sanggau, Mantan Dosen STT Pastor Bonus, Sekarang Pastor Paroki Noyan)

                               

3. ”Panggilan dan Peranan Lembaga Pendidikan Guru dan para pendidk masa kini dalam

menanamkan nilai-nilai luhur dan kebangsaan dalam bingkai Negara Kesatuan

Republik Indonesia (NKRI)”.

Narasumber  :

Yohanes Ayub,A.Ma.Pd (Alumni SPG angkatan 8,thn.1981, Pensiunan PNS Guru SD,

sekarang anggota DPRD Kab.Sekadau dari Dapil RTM dari Partai Nasdem.)

                                      

4. ”Panggilan dan Peranan pemerintah, Lembaga swasta /Yayasan Penyelenggara

Pendidikan dan pihak- pihak terkait    dalam mempersiapkan para pendidik  dan tenaga

kependidikan untuk memasuki era purnatugas dan lansia”

Narasumber :

Yusvia Basilisa, S,Ag (Alumni SPG Angkatan 1 /1973, Mantan Guru SPG St.Paulus,

Mantan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sekadau).

5. Bagaimana membuat hidup para pensiunan terus bermakna dan berguna (meaningful

life) di masa purnatugas dan Lansia”.

Narasumber  :

Drs.Paulus Florus (Alumni SPG thn.1976, Aktivis Ekonomi Kerakyatan (Credit

Union), Mantan Direktur Perusda Kalbar, Pengurus Yayasan Landak Bersatu/

Universitas St.Agustinus Hippo, Ngabang)

                             

Dari Hasil Seminar ini telah dihasilkan keputusan penting berupa Resolusi Reuni SPG St.Paulus Sekadau 2023 sebagai berikut:

  Resolusi Reuni Alumni SPG St.Paulus Sekadau 2023 :

1.      Mendorong dan menghimbau kepada seluruh alumni dan seluruh elemen masyarakat, di wilayah Kabupaten /Kota dan Provinsi Kalimantan Barat serta pihak- pihak terkait, sehingga dalam jangka waktu paling lama 5 tahun pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalimantan Barat telah berhasil meningkatkan INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) nya, masuk dalam kategori tinggi (70 – 79), dimana sekarang masih masuk kategori sedang (60 – 69).

 

2.      Mengajak dan mendorong partisipasi aktif para alumni SPG St.Paulus Sekadau untuk menjadi mitra Badan Karya Keuskupan Sanggau dalam membantu keberlanjutan karya Para Misionaris CP Sekadau yang telah dirintis dan dibangun sejak 50 tahun lalu.

 

3.      Meminta dan mengingatkan Pemerintah dan Lembaga Swasta (Yayasan) yang menyelenggarakan Lembaga Pendidikan untuk Calon Pendidik (guru/dosen) untuk menjaga dan mengawal para peserta didiknya, untuk tidak jemu-jemu menanamkan nilai-nilai luhur dan nilai kebangsaan Indonesia, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

 

4.      Mendesak dan mengingatkan pihak Pemerintah (Pusat dan Daerah) dan Lembaga Swasta (Yayasan) yang mempekerjakan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkungannya, agar mempersiapkan dan memberikan pembekalan yang cukup saat mereka memasuki masa purnatugas atau pensiun, sehingga mereka dapat menikmati masa purnatugas dengan gembira, Bahagia dan sejahtera.

 

5.      Mendorong dan menghimbau para alumni SPG St. Paulus Sekadau yang sudah, sedang dan akan memasuki masa purnatugas (pensiun), mampu mempersiapkan diri sebaik-baiknya, baik secara fisik, mental dan rohani, sehingga semua alumni merasa Gembira, Bahagia dan Sejahtera di masa purna tugas dan lansia.

 

6.      Meminta dan mendesak Pemerintah Pusat dan Daerah (Propinsi dan kabupaten/Kota) di Kalimantan Barat, sehubungan dengan adanya kebijakan penghapusan Tenaga Honorer pada tahun 2023,  untuk memberikan perhatian secara khusus dan prioritas tinggi, agar Tenaga Honorer Daerah (Honda), khususnya Guru Kontrak/ Guru Honor dapat diangkat menjadi ASN (PNS atau P3K), sejauh mereka memenuhi ketentuan yang berlaku.

 

7.      Menghimbau dan mendorong Pengurus Ikatan Alumni SPG St.Paulus Sekadau (IKA S3) yang akan dibentuk pada Reuni ini, dapat berperanserta aktif, proaktif  dan konstruktif dalam pembangunan masyarakat di daerah ini, termasuk dalam konteks pembangunan IKN di Kaltim, khususnya di bidang Pendidikan melalui program kerja yang mereka buat, yang mampu menyentuh segala lapisan kehidupan masyarakat yang memerlukan.

 

Resolusi yang dihasilkan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi pengurus baru Ikatan Alumni SPG St. Paulus Sekadau (IKA S3) dalam menyusun program kerja lembaga alumni ini dalam 5 tahun ke depan. (R. Musa Narang) ****

LihatTutupKomentar
Cancel