Warga Buang Sampah Depan Kantor Bupati dan Kantor DPRD Kabupaten Sintang

Sintang, bupati, kantor, DPRD, sampah, warga, tak diurus, buang, kai dai

Beginilah peradilan oleh masyarakat jika tak diurus. Dok. Istimewa.

Warga Sintang, Kalimantan Barat, melaksanakan aksi protes yang mencolok pada Selasa (23/7/2024) dengan membuang sampah di halaman Kantor Bupati dan Kantor DPRD Kabupaten Sintang. 

Tindaka aksi ini merupakan bentuk ketidakpuasan mereka terhadap penanganan masalah sampah yang semakin memburuk di daerah tersebut. 

Akai dai (Masyallah)

Dengan semakin bertambahnya volume sampah di lingkungan mereka, masyarakat merasa bahwa pemerintah setempat tidak mengambil langkah-langkah yang memadai untuk mengatasi masalah ini.

Meninjam ungkapan orang Sintang, sampah yang tak-diurus ini menjadi penyakit sosial yang bikin masyarakat marah. "Akai dai!" 

Lorensius Anong, Koordinator Aksi, menyatakan, “Di mana-mana kita lihat sampah menumpuk, sementara pemerintah belum memberikan solusi yang jelas.” Ucapan ini mencerminkan frustrasi yang dirasakan banyak warga, yang merasa tidak didengarkan dalam masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan lingkungan. 

Warga menilai bahwa penanganan sampah yang buruk dapat berdampak negatif pada kesehatan mereka dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Dalam aksi tersebut, para demonstran tidak hanya datang dengan spanduk dan teriakan, tetapi juga membawa truk pengangkut sampah. 

Bukan sekadar simbolis

Lebih dari sekarar simbolis, mereka menumpahkan sampah di depan kedua kantor pemerintah, menggambarkan harapan agar perhatian serius diberikan terhadap masalah ini. Tindakan ini bukan hanya sekadar protes, tetapi juga panggilan untuk tindakan nyata dari pemerintah.

Melihat kondisi yang ada, banyak warga berharap agar pemerintah segera mengambil tindakan konkret, seperti peningkatan sistem pengelolaan sampah dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan. 

Aksi ini mengingatkan semua pihak, terutama Pemerintah dan DPRD setempat. Bahwa penanganan sampah adalah tanggung jawab bersama yang harus diperhatikan agar lingkungan tetap bersih dan sehat untuk generasi mendatang.(X-5)

LihatTutupKomentar
Cancel