Banjir Makin Tinggi, Warga Sewakan Lampung Perahu



Banjir yang terjadi di desa Sosok, Tayan Hulu, Sanggau, membuat kendaraan dan orang yang hendak menuju ke arah timur Kalimantan Barat kesulitan melintasinya. Sekitar 1.500 meter jalan raya terendam banjir hingga kedalaman lebih dari satu meter.

Hujan deras yang terjadi sejak subuh 16 oktober hingga 17 oktober 2024 menyebabkan dua sungai, Sungai Sosok dan Sungai Seruyan meluap hingga menenggelamkan rumah warga dan jalan poros Kalimantan Barat. Hingga hari ini kondisi banjir semakin meluas hingga terminal sosok ikut terendam.

Ada delapan dusun di dua desa yang terdampak langsung karena banjir. Demikian juga transportasi yang menuju ke lima kabupaten di timur Kalimantan Barat dipastikan terhambat. lima kabupaten tersebut adalah, Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang, dan Kapuas Hulu. Tidak ketinggalan transportasi dari Malaysia yang dari dan ke Pontianak via PLBN Entikong dipastikan terhambat.

Tercatat sekitar 900an kepala keluarga atau sekitar tiga ribu empat ratusan jiwa yang rumanya terendam air harus mencari tempat pengungsian.Dua posko banjir sudah dibentuk, satu di Kantor Desa Sosok dan Dusun Barage. 

Untuk membantu warga yang terhambat melintasi kawasan banjir, penduduk sekitar berinisiatif menyewakan lampung (bahasa warga lokal) atau mungkin perahu untuk orang umum dengan tarif 50 ribu hingga 100 ribu rupiah tergantung jarak.




LihatTutupKomentar
Cancel